Surabaya, IDNtribune.com – Mayjen Farid Makruf, Pangdam V/Brawijaya sekaligus Dankogartap III menjadi inspektur upacara HUT ke-78 TNI di Dermaga Ujung Koarmada II, Jawa Timur, Kamis (5/10/2023).

Mayjen Farid Makruf menegaskan peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Tentara Nasional Indonesia 2023 harus dijadikan momentum introspeksi dan berbenah bagi seluruh anggota TNI dalam menjaga stabilitas keamanan nasional, terutama menjelang Pemilihan Umum 2024.

Seperti diketahui HUT ke-78 TNI tahun 2023 ini mengusung tema “TNI Patriot NKRI Mengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju”.

“Dalam mengawal demokrasi Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera. Tema ini kita angkat karena salah satu tantangan besar yang kita hadapi adalah Pemilihan Umum 2024,” ujar Dansatgas TNI pada Operasi Madago Raya di Poso 2020-2021 ini saat membacakan amanat Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Mayjen TNI Farid Makruf menyatakan, kelancaran dan kesuksesan agenda Pemilu 2024 akan menentukan perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara ke depan.

Olehnya, ia meminta agar seluruh prajurit TNI lebih peka dan antisipatif atas dinamika dan perkembangan situasi bangsa. Serta berkomitmen dalam menjaga kemanan negara.

“TNI berkomitmen menjamin kemanan dan kelancaran dalam rangka mewujudkan Pemilu 2024 berjalan aman, damai dan sejuk,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, ada dua faktor ancaman ke depan dengan spektrum yang luas dan kompleks. Yaitu perkembangan teknologi dan sistem pertahanan.

Dia menegaskan negara akan hadir untuk terus meningkatkan kapabilitas pertahanan yang relevan dengan perkembangan teknologi terkini.

“Sehingga TNI dapat menjadi kekuatan negara yang modern mampu berperan aktif dan memiliki daya gentar tinggi di lingkungan stretegis regional maupun global. Pembangunan dan modernisasi saat ini tengah dilakukan secara bertahap,” tegasnya.

Usai upacara HUT ke-78 TNI, sejumlah atraksi ditampilkan. Antara lain Genderang Suling Gita Jala Taruna Akademi Angkatan Laut, penampilan defile dari seluruh pasukan upacara dan pameran alutsista. ***