IDNtribune.com – Tim paralayang Indonesia dan Thailand bersaing ketat untuk menduduki posisi pertama dalam gelaran Asian League Paragliding Accuracy 2024, kompetisi akurasi Liga Paralayang Asia di SkyLancing di Desa Mekarsari, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dalam rekaman rangking akurasi ronde ke-3, Minggu (7/7/2024) pukul 17.21 WIB, dalam kelas overall, dua atlet Indonesia masuk dalam lima besar. Atlet Indonesia Rizky Maulana berada pada posisi pertama, kemudian Disusul Phipatpong Sudthoop dari Thailand di posisi ke-2, setelahnya Irvan Winarya dari Indonesia di posisi ke-3, setelahnya adalah Nunnapat Phuchong dan Chantika Chaisanuk dari Thailand.

Roy Rahmanto, penanggung jawab penyelenggaara Asian League Paragliding Accuracy 2024 di Lombok, NTB mengatakan bahwa Indonesia berpeluang besar menduduki posisi pertama kejuaraan ini.

Ia menjelaskan, di kelas U26, atlet Indonesia Rizky Maulana kembali menduduki posisi pertama. Disusul oleh Phipatpong Sudthoop dari Thailand, Zueesyam Ros dari Malaysia, Tanakit Saemseemuang dari Thailand, kemudian Rira Nurhakim dari Indonesia.

“Jadi di kelas di bawah usai 26, atlet kita juga menunjukkan kemampuannya yang prima,” sebut Roy.

Sementara itu, di kelas Female Paraglider, dua atlet Thailand memimpin perolehan rangking, sementara atlet Indonesia Rira Nurhakim di posisi ke-3 disusul dua atlet China.

“Sejauh ini berdasarkan perolehan nilai sementara, tim paralayang Indonesia sangat membanggakan. Semoga ini konsisten hingga akhir kompetisi,” harap Ketua Komite Paralayang Indonesia Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Asgaf Umar, Senin (8/7/2024)

Ditambahkan lagi oleh Roy, untuk perolehan kelas Team, Thailand memuncaki raihan nilai, sementara Indonesia di posisi ke-2 dan China di posisi ke-3.

Bagi warga Lombok, Mandalika, Mataram dan sekitarnya yang ingin menyaksikan kejuaraan ini dipersilahkan untuk dapat menonton langsung tanpa dipungut bayarannya. ***