IDNtribune.com – Komando Operasi (Koops) TNI Habema menembak mati dua anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) di bawah pimpinan Egianus Kogoya yang sering melakukan serangan terhadap pos-pos TNI di Kampung Paro, Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan. Dua anggota OPM dilaporkan menjadi sasaran tembakan oleh TNI.

Letkol Arh Yogi Nugroho, Perwira Penerangan Koops TNI Habema, menyatakan dalam keterangan pers pada Jumat (19/4) bahwa operasi tersebut berjalan efektif. Kekuatan kelompok OPM Egianus Kogoya di wilayah Paro berhasil dinetralisir.

Menurut Yogi, dua anggota OPM yang terkena tembakan berhasil melarikan diri. Namun, TNI berhasil menyita sejumlah senjata yang digunakan oleh anggota OPM tersebut, termasuk sepucuk pistol FN beserta magasin, magasin senapan SS-2, 27 butir munisi 5.56 mm, dan sebuah parang.

Selain itu, TNI juga berhasil menyita bendera Bintang Kejora OPM, sebuah busur dan beberapa anak panah tradisional, serta sebuah noken.

“Keberhasilan prajurit TNI dalam menetralisir kekuatan OPM di Paro merupakan bagian dari upaya untuk menjaga stabilitas keamanan demi kelancaran proses percepatan pembangunan di Papua,” kata Yogi. ***