Parakang, konon, dapat mengubah wujudnya menjadi hewan, tumbuhan, atau benda apa saja yang diinginkannya saat akan memangsa targetnya.

Di masa kanak-kanak dulu, saban magrib menjelang, orang tua selalu mengingatkan anak-anak untuk tidak turun tanah atau keluar rumah lagi. Saat itu dipercaya ada banyak makhluk gaib yang berkeliaran.

Salah satu yang sohor adalah Parakang. Makhluk ini sohor di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat. Konon, ia dapat mengubah wujudnya menjadi hewan, tumbuhan, atau benda apa saja yang diinginkannya. Ada meyakini dia suka tempat berlumpur dan berbau atau di bawah pohon pisang yang memang bertanah basah.

Kabarnya, dalam tingkatan tertentu, Parakang bisa beraksi kapan saja. Tak peduli siang atau malam. Mereka yang menguasai ilmu hitam parakang ini, dapat berubah ujud sesuai keinginannya.

Kisah tentang Parakang pernah difilmkan pada 2017. Judulnya, The Real Parakang: Warisan Berdarah. Film horor besutan sutradara Ibnu Agha ini dibintangi Donny Kesuma dan Helmalia Putri.

Ada yang bilang, sebenarnya makhluk ini adalah manusia biasa yang belajar ilmu hitam tertentu. Namun, karena dia sudah tak bisa menguasai ilmunya, ia kemudian berubah ujud menjadi sosok menakutkan. Sehari-hari mereka layaknya manusia biasa, bergaul dan berkomunikasi. Namun saat ilmunya datang, mereka akan berubah ujud lagi.

Makhluk jejadian yang sohor juga di Sulawesi Barat ini diceritakan memangsa manusia untuk memakan organ tubuhnya, seperti seperti usus, hati, dan jantung. Biasanya mereka menargetkan orang yang sedang sakit parah, ibu-ibu hamil atau bayi. Parakang juga mengganggu wanita-wanita yang sedang haid, olehnya jangan sembarang membuang pembalut agar tak mendapar teror dari sosok menakutkan ini.

Lalu, bagaimana cara menangkal parakang? Bagi ibu hamil atau yang baru saja punya bayi, menaruh cermin, kitab Al Quran, jarum atau gunting di dekat tempat tidur akan menjauhkan gangguan makhluk ini. Sementara untuk keamanan rumah, bisa dengan menanam tanaman jarak pagar agar tidak ditembusi olehnya.

Ada pula yang bilang, bila mengusir makhluk jejadian ini, cukup dipukul 1 kali, dia akan menghindar dengan sendiri. Apalagi misalnya bertemu dengan manusia yang dicurigai bisa berubah ujud menjadi makhluk menakutkan itu saat-saat tertentu. ***