IDNtribune.com, Aceh Besar – Tim beregu putri menembak dari Nusa Tenggara Barat (NTB) kembali menorehkan prestasi gemilang di PON XXI Aceh-Sumut 2024. Mereka berhasil meraih medali emas di nomor 25 meter pistol women, menambah koleksi emas NTB menjadi lima.

Pada pertandingan final yang digelar di Lapangan Tembak Rindam Iskandar Muda Mata Ie, Aceh Besar, sejak Jumat (13/9/2024) hingga Sabtu (14/9/2024), Trio Srikandi NTB yang terdiri dari Susana Liem Mau, Dewa Ayu Alice Denita, dan Yuni Catur Wati berhasil mengumpulkan 1.668 poin. Pesaing terdekat mereka, tim Jakarta yang diperkuat Karva Aisyah Febina, Ni Nyoman Tri Astuthi, dan Talitha Judith Almira, harus puas dengan perak setelah mengumpulkan 1.644 poin. Sementara itu, tim Jawa Timur yang diwakili Eva Yulianti Pratiwi, Dwi Yulia Purnamawati, dan Devi Syakila Ramadhani meraih perunggu dengan total 1.624 poin.

“Luar biasa semangat juara anak-anak kami! Ini emas pertama dari cabor menembak dan emas kelima untuk NTB,” ujar Ketua Umum Pengurus Provinsi Perbakin NTB I Wayan Sandi Susila, S.E., M.Si, Sabtu (14/9/2024).

Ia sangat mengapresiasi performa tim menembak NTB yang terus menunjukkan kemampuan terbaiknya. Ia optimistis, peluang menambah medali emas masih terbuka di beberapa nomor menembak lainnya.

Pelatih Menembak NTB, Andik Budi Hariono, menambahkan bahwa nomor 25 meter pistol team memang menjadi target emas mereka. Meskipun tim belum bisa meraih medali di kategori individu, mereka tetap bangga atas pencapaian beregu.

“Kami mohon maaf belum bisa memberikan medali di nomor individu, namun target utama di nomor beregu berhasil kami capai,” ujarnya.

Untuk diketahui Trio Srikandi NTB ini berasal dari Perbakin Rinjani Shooting Club yang dibina oleh Mayjen TNI Dr. Farid Makruf, MA semasa menjadi Danrem Danrem 162/Wira Bhakti, Mataram 2016—2018 dan Pangdam V/Brawijaya 2022-2023.

“Hebat! Anak-anak Perbakin Rinjani punya mental juara yang luar biasa,” ujar Farid memberikan apresiasinya. ***