IDNtribune.com – Tim Babinkum TNI melaksanakan pembekalan hukum kepada prajurit Yonif 312/Kala Hitam yang akan melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan Republik Indonesia–Papua Nugini (RI-PNG) bertempat di Aula Yonif 312/Kala Hitam, Subang, Jawa Barat. Rabu (12/6/2024).

Pada kesempatan ini, Letkol Chk Bastarudi S., S.Ag., S.H., selaku pimpinan rombongan menyampaikan bahwa pembekalan hukum ini merupakan Program Kerja Babinkum TNI yang dilaksanakan setiap tahun yang ditujukan kepada satuan-satuan yang akan melaksanakan tugas operasi. “Pembekalan hukum bagi prajurit yang akan melaksanakan tugas operasi merupakan hal yang penting untuk memastikan bahwa prajurit dapat melaksanakan tugas mereka dengan profesional dan patuh hukum,” ucapnya.

Lebih lanjut Kasubdit Dukkum OMP Sinditdukkum Babinkum TNI tersebut menuturkan bahwa dalam tugas operasi nanti, para prajurit dapat mengetahui batasan hukum terkait tugas dan tanggung jawab yang akan dilaksanakan di medan operasi nantinya. “Hal ini juga dapat membantu meningkatkan citra TNI, melindungi prajurit dari tuntutan hukum yang tidak sah dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap TNI,” pungkas Letkol Chk Bastarudi.

Setelah pembekalan hukum tersebut dilanjutkan diskusi tanya jawab, pemberian hadiah dan diakhiri dengan penyerahan secara simbolis buku saku Hak Asasi Manusia (HAM) dan buku saku Hukum Humaniter kepada Letkol Inf Biar Bahktiar., S.H., selaku Datsatgas Yonif 312/Kala Hitam.