IDNtribune.com – Bagi penderita diabetes atau gula darah tinggi, pola makan dan pantangannya seringkali sangat ketat. Banyak orang bertanya-tanya apakah penderita diabetes boleh minum air kelapa?

Air kelapa merupakan minuman kaya nutrisi dan mineral yang disukai banyak orang. Lantas bolehkah penderita gula darah tinggi minum air kelapa?

Dengan kandungan gula yang rendah, air kelapa cocok dikonsumsi oleh penderita gula darah tinggi. Air kelapa ini menawarkan banyak manfaat.

Membantu menurunkan gula darah

Air kelapa membantu mengontrol gula darah berkat kandungan potasium, mangan, magnesium, vitamin C, L – arginin yang tinggi. Zat yang mampu meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin. Menghambat stres oksidatif dan mencegah komplikasi diabetes: Menurut beberapa penelitian, air kelapa memiliki kemampuan untuk meningkatkan stres oksidatif secara signifikan, sehingga membatasi komplikasi berbahaya pada jantung. saraf, ginjal… Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular: Minum air kelapa secara teratur memiliki efek menurunkan kolesterol, lemak hati dan trigliserida dalam darah. Selain itu, air kelapa juga membantu mengontrol tekanan darah, mencegah pembentukan gumpalan darah. Namun, untuk membuktikan manfaat air kelapa bagi penderita diabetes, masih diperlukan penelitian yang lebih besar.

Catatan bagi penderita diabetes saat meminum air kelapa

Pertanyaan boleh tidaknya penderita diabetes minum air kelapa sudah terjawab. Air kelapa menawarkan sejumlah manfaat bagi penderita diabetes. Namun pasien tetap perlu memperhatikan bahwa air kelapa sedikit banyak masih mengandung gula dan para ahli telah menyarankan penderita gula darah tinggi untuk tidak meminum minuman ini. Artinya pasien tetap boleh minum air kelapa namun harus dibatasi, jangan minum terlalu banyak.

Penderita diabetes perlu mengingat hal-hal berikut saat meminum air kelapa

Minumlah air kelapa murni, jangan ditambah gula, jangan gunakan air kelapa kalengan dengan pemanis. Jangan mengonsumsi kopra karena banyak mengandung lemak jenuh sehingga meningkatkan risiko komplikasi bagi penderita diabetes. Minumlah air kelapa pada waktu yang tepat, sebaiknya diminum pada sore hari untuk memperkuat kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan jantung. Penderita diabetes gestasional, rematik, penyakit ginjal kronis sebaiknya tidak minum air kelapa. Kelapa tua akan lebih baik bagi penderita diabetes dibandingkan kelapa muda. Disarankan untuk minum air kelapa sebanyak 250ml saja per hari dan dibagi menjadi dua kali minum.

Apa yang harus dimakan dan apa yang harus dihindari akibat diabetes?

Selain yang perlu diperhatikan dalam meminum air kelapa, apa saja yang dimakan dan apa yang harus dihindari oleh penderita diabetes juga menjadi perhatian banyak orang.

Makanan yang harus dihindari oleh penderita diabetes

Jauhi makanan yang banyak mengandung gula: Penderita diabetes harus benar-benar pantang makanan manis, minuman bersoda, buah-buahan kering dan segala jenis makanan yang mengandung tinggi gula

Makanan bertepung: Pasien perlu meminimalkan jumlah nasi putih, dan ganti dengan pati sehat lainnya seperti beras merah, biji-bijian, kacang-kacangan.

Daging merah: Daging merah seperti daging sapi, domba, dll. memiliki risiko meningkatkan perkembangan diabetes, dan mudah menyebabkan komplikasi yang berbahaya.

Makanan yang banyak mengandung lemak hewani: Jika terlalu banyak lemak hewani yang ditoleransi dalam tubuh, kadar kolesterol akan meningkat sehingga berdampak pada penderita diabetes, sekaligus meningkatkan risiko terjadinya lemak darah.

Jauhi stimulan: Pasien harus berhenti mengonsumsi minuman beralkohol seperti alkohol, berhenti merokok untuk menghindari efek buruk pada kesehatan.

Makanan baik yang perlu ditambahkan

Buah-buahan rendah gula: Buah-buahan mengandung banyak vitamin, serat, dan mineral alami untuk membantu menyeimbangkan gula pada tingkat yang stabil. Buah-buahan yang sebaiknya dimakan penderita diabetes adalah apel, jeruk bali, jeruk, jambu biji, stroberi

Sayuran hijau: Ini adalah sumber vitamin, serat, mineral, dan antioksidan yang sangat baik untuk penderita diabetes. Para ahli menganjurkan agar pasien mengonsumsi sayuran segar seperti brokoli, selada air, lobak, bayam

Daging tanpa lemak: Daging tanpa lemak merupakan makanan yang mengandung protein yang mudah diserap, membantu pasien meningkatkan asupannya. gula darah, dan sekaligus mencegah kanker.

Ikan: Ikan mempunyai khasiat menurunkan kolesterol berbahaya dan meningkatkan kolesterol baik bagi tubuh. Pasien harus makan ikan setiap hari untuk kesehatan yang lebih baik.

Lemak sehat: Mengonsumsi lemak yang berasal dari alam seperti minyak zaitun, minyak wijen, kacang tanah, almond, kenari akan membantu tubuh melancarkan sirkulasi darah, mencegah kenaikan gula darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Kacang-kacangan: Beberapa jenis biji-bijian seperti biji chia, biji selasih, biji wijen, biji labu juga merupakan sumber nutrisi yang sangat penting bagi penderita diabetes.

Artikel ini telah menjawab pertanyaan di atas. Apa saja yang boleh dimakan dan apa yang harus dihindari oleh penderita gula darah.***