Washington DC, IDNtribune.comJoe Biden telah mengeluarkan peringatan yang kuat kepada Israel, mengancam akan mencabut atau mengurangi dukungan AS jika tidak ada perubahan yang dilakukan terhadap serangan ke Gaza, Palestina. Dilaporkan oleh Al Arabiya pada Jumat (5/4), Presiden AS Joe Biden memperingatkan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bahwa setiap tindakan yang diambil oleh Israel akan mempengaruhi dukungan mereka dari AS.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Antony Blinken mengatakan bahwa Amerika Serikat akan mengubah kebijakannya terhadap Israel jika tidak ada perubahan yang signifikan terhadap perlakuan terhadap warga Gaza.

Blinken menegaskan, “Saat ini, tidak ada prioritas yang lebih penting di Gaza selain melindungi warga sipil, meningkatkan bantuan kemanusiaan, dan memastikan keamanan bagi mereka yang memberikan bantuan. Israel harus menghadapi momen ini.”

Komentarnya disampaikan kepada wartawan dalam sebuah konferensi pers di Brussels. “Jika kami tidak melihat perubahan yang diperlukan, maka akan ada perubahan dalam kebijakan kami,” tambahnya.

Peringatan yang disampaikan oleh Biden terjadi dalam panggilan telepon selama 30 menit dengan Perdana Menteri Israel sebagai respons atas serangkaian serangan Israel terhadap konvoi pekerja bantuan kemanusiaan World Central Kitchen dalam beberapa hari terakhir. ***