Beijing, IDNtribune.comFestival Qingming (清明节 atau Qīngmíngjié dalam bahasa pīnyīn), juga disebut Hari Pembersihan Makam atau Festival Kecerahan Murni, adalah hari libur tradisional Tiongkok yang penting. Festival ini dirayakan baik di Tiongkok maupun di antara anggota komunitas Tionghoa di seluruh dunia. Kegiatan utama yang dilakukan masyarakat pada hari ini adalah membersihkan makam leluhurnya.

Mengutip laman https://studycli.org liburan ini dirayakan 15 hari setelah Ekuinoks Musim Semi, biasanya antara tanggal 3, 4 dan 5 April. Seperti banyak hari libur Tiongkok, tanggalnya dihitung menggunakan kalender lunar Tiongkok. Meskipun tanggal hari libur sedikit berubah setiap tahun, biasanya jatuh pada awal April. Hari Pembersihan Makam adalah hari libur resmi di Tiongkok daratan, dan orang-orang biasanya diberi satu hari libur, tidak termasuk akhir pekan.

Sejarah Festival Qingming?

Festival Qingming tumbuh dari festival Tiongkok kuno yang disebut 寒食节 (Hánshíjié), umumnya disebut sebagai Festival Hanshi atau Festival Makanan Dingin. Festival Hanshi sendiri awalnya dirayakan untuk memperingati Jie Zitui, seorang bangsawan Tiongkok Periode Musim Semi dan Musim Gugur (sekitar tahun 771 SM hingga 476 SM). Jie Zitui adalah pengikut setia Bangsawan Wen dari Jin. Pada suatu saat ketika sang duke sedang mengalami masa-masa sulit, Jie Zitui memotong beberapa daging dari pahanya sendiri dan memasaknya untuk sang bangsawan agar dia tidak kelaparan.

Ketika Wen akhirnya berkuasa beberapa tahun kemudian, dia memanggil Jie Zitui, yang menjalani kehidupan kesepian sebagai orang miskin di hutan dekat Gunung Mian di Provinsi Shanxi. Jie Zitui tidak tertarik untuk menduduki jabatan di pemerintahan, yang menurutnya korup, sehingga dia mengabaikan panggilan tersebut.

Untuk memaksa Jie Zitui merespons, Wen memutuskan untuk menyalakan api hutan untuk mengeluarkannya dari asap. Namun sayangnya, Jie Zitui dan ibunya tewas dalam kebakaran tersebut. Merasa menyesal atas kematian Jie Zitui yang terlalu dini, Adipati Wen memutuskan bahwa penggunaan api akan dilarang selama beberapa hari untuk memperingati pengorbanannya.

Selama bertahun-tahun, tradisi hidup tanpa api, dan makan makanan dingin, menyebar ke daerah sekitar dan semakin populer. Awalnya, Festival Hanshi dirayakan pada musim dingin dan bisa berlangsung hingga satu bulan di beberapa tempat.

Ketika diketahui bahwa makan makanan dingin selama sebulan penuh di tengah musim dingin menyebabkan banyak orang meninggal setiap tahunnya, pihak berwenang mencoba melarang festival tersebut, namun seringkali tidak berhasil dan tradisi tersebut terus berlanjut. Akhirnya, pihak berwenang memindahkan festival tersebut dari musim dingin ke musim semi.

Seiring waktu, tradisinya secara bertahap digabungkan dengan tradisi Festival Qingming. Festival Hanshi jarang dirayakan sebagai festival terpisah saat ini, namun tetap hidup dalam tradisi tidak memakan makanan yang dimasak selama Festival Qingming.

Apa Saja yang dilakukan selama Festival Qingming?

Festival Qingming sering disebut sebagai Hari Pembersihan Makam dan nama ini masuk akal mengingat fakta bahwa pembersihan makam adalah kegiatan terpenting yang dilakukan orang-orang pada hari libur ini. Selain membersihkan makam leluhur dan memberikan persembahan kepada orang mati, masyarakat juga jalan-jalan menikmati alam, menerbangkan layang-layang, dan menyantap makanan khas selama ini.

Menyapu makam

Menyapu makam, atau 扫墓 (sǎomù) dalam bahasa Tiongkok, dipandang sebagai cara untuk menunjukkan rasa hormat kepada leluhur. Praktik ini terkait erat dengan tradisi Tiongkok terkait dengan kesalehan anak dan pemujaan leluhur. Merawat makam leluhur adalah bagian yang sangat penting dari hari raya Qingming, namun karena praktik penguburan di pedesaan Tiongkok sangat berbeda dengan di perkotaan, proses pembersihan makam leluhur berbeda-beda tergantung di mana seseorang tinggal.

Di pedesaan, makam Tionghoa hanya mengalami sedikit perubahan selama bertahun-tahun. Sebagian besar tidak berlokasi di kuburan. Sebaliknya, mereka sering kali ditempatkan di tempat yang menguntungkan dengan 风水 fēng shui yang baik, biasanya di sisi bukit atau gunung.

Mayat orang mati dikuburkan di dalam tanah, bukan dikremasi. Seringkali, semua kerabat dalam satu kelompok keluarga akan dimakamkan berdekatan satu sama lain. Jika sebuah keluarga tidak berkecukupan, makam tersebut mungkin hanya berupa gundukan tanah besar yang tidak ditandai. Pada keluarga kaya, sering kali terdapat gundukan tanah berukuran besar dengan area datar setengah lingkaran di depannya yang telah disemen.

Di bagian belakang setengah lingkaran biasanya terdapat dinding semen yang ditinggikan dengan batu persegi panjang di tengahnya yang diukir informasi tentang almarhum. Biasanya tidak ada batu nisan yang berdiri bebas seperti ituterlihat di Barat.

Karena lokasinya yang berupa gundukan kuburan, membersihkan makam keluarga di pedesaan bisa menjadi pekerjaan yang cukup berat. Seringkali kita harus mendaki gunung untuk sampai ke kuburan. Selain itu, gundukan tanah di lereng gunung sering kali hampir ditumbuhi semak belukar, sehingga perlu dibersihkan. Tergantung pada berapa lama sejak makam terakhir kali dibersihkan, seringkali pekerjaan besar ini melibatkan pembajakan rumput liar dengan parang.

Ketika keluarga-keluarga lebih kaya dan mampu membayar semen penutup gundukan kuburan mereka, proses pembersihan makam biasanya jauh lebih mudah. Daripada memotong semak-semak yang membandel, kerabatnya mungkin hanya perlu menyapu sisa-sisa daun dan kotoran yang mati.

Di banyak wilayah di Tiongkok, termasuk beberapa wilayah pedesaan, mengubur kerabat dengan cara tradisional kini merupakan tindakan ilegal. Dalam upaya untuk melestarikan sumber daya lahan, pemerintah bahkan telah melakukan kampanye penghancuran peti mati di berbagai wilayah Tiongkok dalam upaya untuk mengajak orang-orang agar mengkremasi kerabat mereka yang telah meninggal.

Meskipun banyak orang di daerah terpencil di pedesaan masih mencari cara untuk menghindari larangan penguburan tradisional, hampir semua orang di kota kini memilih kremasi.

Petak pemakaman di kota biasanya cukup padat. Tidak ada gundukan dan seringkali tidak ada rumput sama sekali. Sebaliknya, baris demi baris loh batu biasanya dibuat dengan jalan beton di antara keduanya. Di pemakaman perkotaan seperti ini, hanya diperlukan sedikit perawatan kuburan.

Persembahan kepada Leluhur

Di pedesaan, setelah kuburan dibersihkan, sesajen biasanya diletakkan di kaki gundukan kuburan atau di atas semen setengah lingkaran di depan kuburan yang telah disemen.

Apa yang tersisa sebagai persembahan berbeda-beda menurut keluarga dan wilayah. Persembahan khas di pedesaan Hunan, misalnya, dapat berupa semangkuk nasi dengan sumpit, segelas plastik berisi minuman keras Tiongkok yang dikenal sebagai 白酒 (báijiǔ), dan kepala ayam atau potongan daging lainnya.

Setelah persembahan diletakkan di depan makam, anggota keluarga menyalakan petasan (鞭炮 biānpào) dan membakar dupa (香 xiāng) dan uang kertas neraka (冥钞 míngchāo). Petasan sekarang dilarang di sebagian besar kota, jadi pada atau sekitar Festival Qingming, kerabat dari mereka yang dimakamkan di kota dapat mengunjungi kuburan, membakar dupa, dan meninggalkan bunga.

Tamasya Musim Semi

Setelah memberikan penghormatan kepada leluhur dengan membersihkan makam mereka, banyak orang kemudian menghabiskan waktu di luar ruangan menikmati alam sambil mengikuti tamasya musim semi, yang dikenal sebagai 踏青 (tàqīng). Karena Festival Qingming jatuh pada awal musim semi setiap tahun, biasanya bertepatan dengan hari-hari hangat pertama dalam setahun. Orang-orang yang nenek moyangnya terkubur di kota atau yang tinggal di perkotaan dan belum sempat kembali ke pedesaan untuk berziarah ke makam nenek moyangnya, sering kali pergi ke taman atau tempat lain untuk menghabiskan waktu di alam.

Menerbangkan Layang-layang

Aktivitas Qingming populer lainnya adalah menerbangkan layang-layang. Meskipun ini merupakan kegiatan populer selama tamasya 踏青 (tàqīng), orang juga menerbangkan layang-layang di malam hari selama Festival Qingming. Lentera berwarna sering kali ditempelkan pada layang-layang pada malam hari agar berkelap-kelip saat melintasi angkasa.

Secara tradisional, masyarakat percaya bahwa mereka dapat meningkatkan peluang mereka untuk mendapatkan keberuntungan dengan memotong tali layang-layang mereka dan membiarkannya melayang alih-alih menariknya kembali. Layang-layang yang dilepaskan dengan cara ini dianggap membawa kemalangan orang-orang ke angkasa.

Apa yang dimakan orang selama Festival Qingming?

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, karena awal hari raya ini dikaitkan dengan Festival Makanan Dingin, atau 寒食节 (Hánshíjié), orang secara tradisional hanya makan makanan dingin selama Festival Qingming. Saat merayakan hari raya di Tiongkok selatan, orang biasanya makan 青团 (qīngtuán), yaitu pangsit hijau berbentuk bulat, lengket, dan agak manis yang dibuat dari beras ketan dan rumput barley atau mugwort Cina. Pangsitnya sering kali diisi dengan semacam isian seperti pasta kacang merah manis.

Baik di bagian utara maupun selatan Tiongkok, makan 馓子 (sǎnzi) juga populer. Ini adalah adonan asin goreng yang dimasak terlebih dahulu dan dibiarkan dingin dan kering. Karena setiap putaran renyah terdiri dari beberapa helai adonan tipis, masing-masing 馓子 (sǎnzi) terlihat seperti seikat spageti. Mereka dimakan dingin dan sering dibumbui dengan biji wijen.

Menjaga Tradisi Tetap Berjalan

Festival Qingming tetap menjadi hari libur penting di Tiongkok, memberikan banyak orang kesempatan untuk memberikan penghormatan kepada leluhur mereka dan menghabiskan waktu menikmati alam terbuka.

Jika Anda berada di Tiongkok pada saat ini, perlu diingat bahwa karena Festival Qingming juga merupakan waktu untuk merayakan datangnya musim semi, Anda dapat merayakannya meskipun Anda tidak dapat mengunjungi makam kerabat Anda. Sebaliknya, pertimbangkan untuk menandai hari libur dengan mencicipi beberapa makanan tradisional Qingming seperti 青团 (qīngtuán) atau memanfaat kancuaca hangat untuk pergi ke pedesaan menikmati alam. ***