Tahukah Anda kalau head-banging tidak hanya diasosiasikan dengan musik rock? Rayap juga cukup mahir dalam hal ini! Fakta yang jarang diketahui adalah rayap membenturkan kepalanya ke dinding dan menggoyangkan tubuhnya ketika koloninya diganggu, sehingga menimbulkan bunyi klik. Itulah yang mungkin Anda dengar jika mencoba menghadapi masalah serangan serangga ini di rumah.

Bacalah pendekatan langkah demi langkah bagaimana mengatasi serangan rayap ini.

Kenali Rayap Anda sebelum Merencanakan Perawatan untuk Pengendalian Rayap

Ada dua jenis rayap yang dapat menyerang furnitur kayu – rayap bawah tanah dan kayu kering. Rayap bawah tanah dapat hidup di tanah dan kayu. Makhluk-makhluk ini lebih menyukai kondisi lembab di mana mereka dapat membangun koloninya.

Umumnya rayap tanah tumbuh subur di bawah rumah dan menghancurkan fondasi kayu. Sebaliknya, rayap kayu kering, tidak seperti rayap bawah tanah, tidak memerlukan kondisi lembab untuk berkembang. Mereka menempati dan hidup di dalam kayu kering seperti dinding, dinding, atap, dll., sehingga membuat perawatan anti rayap di rumah menjadi rumit.

Meskipun rayap bawah tanah dan rayap kayu kering bisa berbahaya bagi rumah Anda, rayap kayu kering bisa jauh lebih berbahaya. Hal ini disebabkan fakta bahwa mereka tinggal di dalam rumah, di furnitur kering. Olehnya kita akan fokus pada pengendalian rayap pada kayu kering.

Mengidentifikasi Serangan Rayap di Rumah

  • Perhatikan lubang pada kayu. Ketuk atau dorong dengan benda runcing. Jika mudah jatuh, itu pertanda pasti adanya rayap pada furnitur kayu.
  • Waspadai serbuk gergaji, kotoran rayap berwarna kayu, atau sayap di sekitar area yang terdapat serpihan atau retakan pada furnitur.
  • Bentukan tabung lumpur pada dinding rumah merupakan tanda adanya rayap bawah tanah.

Sekarang mari kita lihat pengendalian rayap dan cara membasmi rayap pada kayu.

Cara Membasmi Rayap pada Kayu

Mencari bantuan profesional adalah hal yang bijaksana untuk dilakukan. Namun jika serangan rayapnya tidak parah, Anda bisa membasmi rayap pada furnitur kayu dengan tips pengendalian rayap ini. Terlebih lagi, beberapa tips ini juga berfokus pada cara membasmi rayap secara alami untuk alternatif yang lebih hemat biaya.

1. Paparan Sinar Matahari Membantu Pengobatan Rayap Kayu

Sering-seringlah memaparkan furnitur Anda ke sinar matahari. Salah satu cara terbaik membasmi rayap secara alami adalah dengan menjemurnya di bawah sinar matahari. Rayap tumbuh subur di tempat yang lembab dan gelap sehingga tidak menyukai sinar matahari. Biarkan furnitur kayu Anda di bawah sinar matahari selama dua hingga tiga hari terus menerus sebagai pengobatan pengendalian rayap.

Rayap tidak tahan panas dan mudah mati. Cara ini juga membantu menghilangkan kelembapan pada furnitur sehingga bisa membasmi rayap secara permanen. Ini juga terbukti menjadi pengobatan anti rayap yang bagus di rumah dan bebas bahan kimia.

2. Membuat Perangkap Karton untuk Pengobatan Anti Rayap di Rumah

Kotak karton merupakan perangkap anti rayap yang efektif. Mengendalikan rayap dengam mudah di rumah? Anda bisa membasmi rayap secara alami dengan bahan seperti karton. Karton terbuat dari selulosa dan memiliki bau kayu yang tidak dapat dilawan rayap.

Basahi dengan air agar baunya lebih jelas dan letakkan di dekat area yang terkena rayap untuk pengendalian rayap. Dalam beberapa jam, rayap terpancing keluar ke kotak kardus yang terbuka. Setelah mereka terperangkap, buang atau bakar untuk menghilangkan rayap pada furnitur kayu.

3. Semprotkan Asam Borat Untuk Membasmi Rayap Secara Permanen

Jaga furnitur Anda tetap bersih dan bebas kelembapan. Buatlah larutan bubuk boraks dan air lalu semprotkan pada area yang terkena rayap untuk membasmi rayap di rumah. Ini adalah metode yang tidak beracun dan memastikan rayap di lemari dan perabotan kayu lainnya hilang setelah beberapa kali digunakan. Anda juga bisa menggabungkan cara ini dengan perangkap karton untuk hasil pengobatan anti rayap yang lebih baik.

4. Gunakan Nematoda Parasit sebagai Pengendalian Rayap

Nematoda adalah pembunuh rayap. Nematoda parasit adalah cacing kecil yang masuk ke dalam larva rayap dan membunuhnya dalam waktu dua hari. Anda dapat membelinya di pembibitan setempat atau toko online untuk membantu membasmi rayap di rumah.

5. Perlakuan Minyak untuk Rayap

Perawatan minyak untuk perlindungan lebih lanjut juga dapat membantu membasmi rayap. Minyak jeruk dan mimba sangat efektif untuk pengendalian rayap kayu. Bahan pertama mengandung senyawa yang disebut d-limonene dan dapat dengan mudah membunuh rayap jika bersentuhan dengannya. Di sisi lain, minyak Mimba mulai berpengaruh setelah tertelan rayap. Tuangkan minyak ini atau semprotkan ke area yang terkena dampak berulang kali untuk hasil terbaik.

6. Jaga Jarak antara Tanah dan Kayu

Jarak sama dengan pencegahan. Rayap dapat menyerang fondasi rumah Anda dengan membangun koloninya di bawah rumah Anda. Cara terbaik untuk menghindari hal ini adalah dengan membangun rumah Anda jauh dari halaman atau taman Anda. Para ahli mengatakan bahwa setidaknya harus ada jarak 18 inci antara rumah dan taman Anda.

Lebih Banyak Tips Cara Melindungi Furnitur dari Rayap

Secara umum, mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Maka berikut ini yang dapat Anda lakukan untuk mencegah timbulnya serangan rayap:

  • Pastikan furnitur Anda tidak terkena kelembapan apa pun
  • Oleskan gel lidah buaya pada furnitur kayu sesekali karena berfungsi sebagai penutup pelindung
  • Investasikan pada semir kayu dan pekerjakan seorang profesional untuk mengaplikasikannya pada semua furnitur kayu Anda
  • Singkirkan barang-barang kayu yang tidak diinginkan dari rumah Anda karena merupakan sarang kutu
  • Dapatkan perawatan kimia sesekali yang dilakukan oleh profesional jika Anda tinggal di kota pesisir
  • Dengan mengikuti tips cara membasmi rayap di rumah dengan cermat, Anda tidak perlu lagi khawatir rayap akan masuk dan memakan furnitur kayu Anda.

Bila Anda merasa tak mampu mengendalikannya. Silahkan hubungi petugas pengendali hama di dekat lokasi permukiman Anda. ***