IDNtribune.com – Atlet Indonesia berjaya berhasil menunjukkan keunggulannya di ajang bergengsi Asian League Paragliding Accuracy 2024 yang digelar di SkyLancing, Desa Mekarsari, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, NTB, pada 6-9 Juli 2024.

Menurut Roy Rahmanto, penanggung jawab penyelenggaraan kompetisi, atlet Indonesia berjaya mendominasi di kelas Overall, Team, dan Junior U26. Namun, di kelas Female Paraglider, dua posisi teratas diraih oleh atlet Thailand, Nunnapat Phuchong dan Chantika Chaisanuk, sementara Rira Nurhakim dari Indonesia harus puas di posisi ketiga.

“Di kelas Junior U26, Rizky Maulana dari Indonesia berhasil merebut posisi pertama, disusul oleh Phipatpong Sudthoop dari Thailand dan Zueesyam Ros dari Malaysia. Begitu juga di kelas Team, Indonesia mengungguli Thailand yang tampil prima sejak awal,” jelas Roy.

Lebih lanjut, di kelas Overall, dua atlet Indonesia, Rizky Maulana dan Irvan Winarya, masing-masing menempati posisi pertama dan kedua, sedangkan posisi ketiga ditempati oleh Phipatpong Sudthoop dari Thailand.

Komite Paralayang Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) menyambut baik kemenangan ini. “Seperti yang kita harapkan sejak awal, atlet kita tampil prima dan membanggakan. Mereka sudah berkelas dunia, tidak hanya sebatas Asia saja,” ujar Asgaf Umar, Ketua Umum Paralayang Indonesia.

Asgaf juga menyampaikan bahwa pada 11-14 Juli 2024, para atlet ini akan kembali berlaga di Paragliding Accuracy World Cup (PGAWC) Seri 4. Seri pertama dimulai di Thailand, dilanjutkan ke Alanya, Turki, untuk seri kedua, dan kemudian seri ketiga di Taldykorgan, Kazakhstan, pada 13 Juni 2024. Seri keempat akan digelar di SkyLancing, Lombok Tengah, dan seri terakhir di Jerman.

NTB mendapatkan kehormatan menjadi tuan rumah PGAWC sejak 2023. Pada kejuaraan dunia PGAWC 2023, sebanyak 99 peserta dari 20 negara mendaftar secara online. Namun, karena keterbatasan kuota, hanya 80 peserta dengan peringkat dunia terbaik yang diterima. “Kami berharap peserta dari Indonesia akan lebih banyak di sini, mengingat tuan rumah memiliki keuntungan tersendiri soal kuota,” tambahnya.

Jadi, bersiaplah menyaksikan aksi menakjubkan para atlet paralayang yang akan menghiasi langit SkyLancing, Lombok Tengah. Para wisatawan yang masih memiliki waktu libur, sepertinya harus mengarahkan langkahnya ke sini.