IDNtribun.com, Aceh Besar – Tim cabang olahraga (cabor) dayung Sulawesi Tengah (Sulteng) berhasil mengantongi dua medali perunggu di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh Sumatera Utara di arena Waduk Keuliling, Aceh Besar, Jumat (13/9/2024). Prestasi ini diraih dari dua nomor lomba.

Pada nomor M4X, tim dayung yang terdiri dari Rio Riski D, Riski Umar, Asuhan Pattia, dan Ahmad Tarmizi berhasil finis di posisi ketiga, membawa pulang medali perunggu. Kekuatan dan ketangguhan mereka dalam menghadapi persaingan ketat dari provinsi lain membuktikan kualitas para atlet Sulteng.

Sementara itu, di nomor M8+, tim dayung penuh Sulawesi Tengah yang beranggotakan Rio Riski D, Asuhan Pattia, Riski Umar, Ahmad Tarmizi, Britgus Kotu, Juan Felix, Refaldi Pasaribu, Mirwan, dan Moh Safwan juga berhasil finis di peringkat ketiga. Hasil ini kembali menambah koleksi medali perunggu untuk Sulteng.

Rio Riski D, salah seorang atlet utama dari Sulteng, menyatakan bahwa pencapaian ini merupakan hasil dari kerja keras dan latihan intensif. “Kami berlatih dengan tekun dan tetap bersemangat. Ini adalah hasil kerja tim yang solid dan bimbingan pelatih kami serta motivasi tak henti-henti dari Gubernur Sulteng dan Ketua Kontingan Sulteng,” aku Rio.

Perjuangan para atlet dayung Sulteng di arena ini menambah kebanggaan bagi provinsi. “Sulteng emas, Pakaroso, Petarung,” menjadi semboyan mereka yang menggema di sepanjang arena perlombaan. Sulawesi Tengah terus menunjukkan semangat bertarung dan komitmen untuk memberikan yang terbaik di PON XXI.

Pelatih Bripka Hannes Dayon Auna mengucapkan terima kasih atas doa dan dukungan seluruh rakyat Sulteng atas usaha kita.

“Kami sudah melakukan yang terbaik. Inilah hasilnya. Insya Allah, doakan kami bisa bawa pulang medali lagi di tiga nomor andalan kami di Rowing 7 Coastal,” harap Hannes.

Sementara itu, Ketua Kontingen Sulteng Brigjen TNI Dody Triwinarto sesaat setelah menerima kabar perolehan medali itu langsung menyampaikan apresiasinya.

“Terima kasih. Terima kasih. Kalian memang petarung. Saya juga menyampaikan salam hangat untuk kalian dari Bapak Gubernur Sulteng Rusdi Mastura,” ujar Brigjen Dody yang kini menyambangi atlet Sulteng di Medan, Sumatera Utara. ***