Nabire, IDNtribune.com – Lettu Inf Anumerta Oktavianus Sogalrey yang menjadi korban penembakan kelompok bersenjata Organisasi Papua Merdeka (OPM), telah dikebumikan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nabire pada Minggu (14/4) pukul 13.00 WIT. Upacara persemayaman dan pemakaman dipimpin oleh Brigadir Jenderal TNI Franz Yohanes Purba, S.I.P., M.M., Komandan Resimen Militer (Danrem) 173/PVB.

Prosesi tersebut berlangsung di Rumah Duka Kelurahan Kaliharapan, Distrik Nabire, Kabupaten Nabire, Provinsi Papua Tengah. Hadir dalam acara tersebut sekitar 300 orang, termasuk Anwar H. Damanik, S.STP, M.Si (Pejabat Sementara Sekretaris Daerah Provinsi Papua Tengah), Kolonel Marinir Totok Nurcahyanto, Alusius Youw (Asisten I Provinsi Papua Tengah), Drs. Theopilus Lukas Ayomi (Kepala Kesbangpol Provinsi Papua Tengah), AKBP Wahyudi Satrio Bintoro, S.H, S.IK, M.Si (Kepala Kepolisian Resort Nabire), Letnan Kolonel Infanteri I Wayan Deddy Suryanto, S.E (Komandan Distrik Militer 1703/Deiyai), Kapten Infanteri Adrian (Komandan Kompi Yonif 753/AVT), Yedivia Rum,SH.MH (Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Nabire), Rudi Setiawan SH (Ketua Pengadilan Negeri Nabire), serta para perwira TNI-POLRI garnisun Nabire, anggota keluarga, dan kerabat almarhum.

Acara dimulai dengan upacara pelepasan dan penyerahan jenazah Lettu Inf Anumerta Oktavianus Sogalrey. Kemudian, jenazah dibawa ke TMP Nabire menggunakan mobil jenazah milik Kodim 1705/Nbr.

Di TMP, prosesi pemakaman dilaksanakan dengan khidmat dan lancar. Brigadir Jenderal TNI Franz Yohanes Purba, S.I.P., M.M (Danrem 173/PVB) serta keluarga almarhum melakukan penaburan bunga dan penimbunan liang lahat secara simbolis.

Dalam sambutannya, Brigadir Jenderal TNI Franz Yohanes Purba, S.I.P., M.M menyatakan penghargaan dan terima kasih atas dedikasi Lettu Inf Anumerta Oktavianus Sogalrey terhadap bangsa dan negara, serta berharap amal ibadahnya diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Pada saat yang sama, diucapkan pula terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses evakuasi dan pemakaman, serta doa agar bantuan yang telah diberikan mendapat balasan yang setimpal dari Tuhan Yang Maha Esa.

Lettu Inf Anumerta Oktavianus Sogalrey yang menjabat sebagai Danramil 1703-04/Aradide, meninggalkan seorang istri, Dante Liligoly, dan tiga orang anak, yaitu Ika Rinikan Sogalrey, Feby Adriana M Sogalrey, dan Letnan Infanteri Viky Ongen Sogalrey. ***