Intan Jaya, IDNtribune.com – Deru mesin mobil para Serdadu menyeruak keheningan senja di sebuah bangunan semi permanen yang berdiri di tengah pedalaman Papua, tepatnya di Kantor Polres Intan Jaya di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, pada Senin (03/07/2023).

Para aparat kepolisian yang sedang berkemas pada jam pulang kantor sontak terkejut. Sesaat setelah pintu mobil dibuka, muncul sosok laki-laki dengan wajah yang belum pernah mereka kenali selama ini.

“Hormat, selamat sore bapak ibu semua, Amakanie!”, ucapnya ramah menyapa para aparat Polisi yang berada di meja petugas jaga.

“Salam kenal, saya Mayor Inf Pungky, Danyonif Para Raider 330, selaku Dansatgas yang baru. Dirgahayu Bhayangkara ke 77″, lanjutnya seraya menyodorkan kue tart kepada AKP Langgeng Widodo, Wakapolres Intan Jaya.

Pria paruh baya yang biasa dipanggil bapak Waka ini masih terpana.

“Izin Ndan, terus terang kami semua tidak menduga, bapak Dansatgas dan anggota 330 akan datang ke Polres untuk membawa kue ultah”, ucapnya.

“Saat saya jadi Kabagops di Puncak Jaya, tidak pernah terjadi seperti ini. Terimakasih atas atensi dari Satgas 330 untuk kami para anggota Polri yang berdinas di daerah konflik ini”, sambungnya terbata-bata.

Mayor Inf Dedy Pungky selaku Dansatgas memanfaatkan momen ini untuk memperkenalkan diri sekaligus mengajak semua aparat keamanan di wilayah Intan Jaya untuk berkolaborasi mewujudkan Intan Jaya yang Aman, kondusif dan sejahtera.

“Angka kembar 77 pada dirgahayu Bhayangkara, dapat kita maknai sebagai pesan agar semua Aparat keamanan di Intan Jaya bersama-sama dan bersinergi untuk membangun Ibu Pertiwi, tak terkecuali bagi kita yang saat ini bertugas di Kabupaten Intan Jaya, Papua”, terang Dansatgas.

Turut hadir dalam kegiatan ini, semua aparat keamanan TNI dan Polri yang sedang bertugas di Distrik Sugapa, Intan Jaya, Papua. ***