IDNtribune.com – Wakil Sementara (Ws) Wadandenpandutaikam Brigif 3/TBS Kostrad Kapten Inf Dhimas Brian H. memimpin tradisi upacara penerimaan 40 Tamtama Remaja, bertempat di Kesatrian Denpandutaikam Kariango, Sulawesi Selatan. Selasa (21/5/2024).

Upacara ini merupakan bagian dari tradisi korps satuan yang bertujuan menumbuhkan nilai-nilai kejuangan dan patriotisme di antara prajurit baru.

Tradisi ini melibatkan serangkaian kegiatan yang mengukur kemampuan dasar prajurit sebelum mereka resmi bertugas di satuan Denpandutaikam Brigif 3 Kostrad. Kegiatan tersebut meliputi Latihan Perorangan Lanjutan seperti Pengetahuan Beladiri Taktis, Operasi Lintas Udara (Ops Linud), Teknik Dasar Tempur, PBB, dan Tata Cara Jaga Satri. Selain itu, dilakukan juga Pengambilan Data Awal yang mencakup Garjas, Menembak, Lari 10K, dan Renang Militer 50m.

Kapten Inf Dhimas Brian H. menekankan bahwa tradisi ini bukan hanya bentuk penghormatan dan penyambutan, tetapi juga upaya membentuk karakter dan jati diri prajurit yang kuat, hebat, dan profesional.

“Saya ucapkan selamat datang di Denpandutaikam. Di sini kalian akan menjadi petarung sejati dengan daya juang tinggi. Saya juga berpesan kepada prajurit muda agar selalu siap menerima tugas dan tanggung jawab yang diberikan satuan. Sebagai keluarga besar Denpandutaikam, tugas dan tanggung jawab kalian akan semakin bertambah seiring dengan kedewasaan dan kesadaran untuk berbuat lebih baik dari sebelumnya,” ujarnya.

Rangkaian kegiatan tradisi Kostrad ini ditutup dengan Penyematan Baret Linud dan Pemberian Penghargaan kepada prajurit baru terbaik yang dipilih berdasarkan hasil data awal terbaik.

Upacara ini menjadi momen penting dalam menanamkan semangat kebanggaan sebagai prajurit petarung Towarani di satuan Denpandutaikam Brigif 3/TBS. ***