Musim hujan identik dengan cuaca basah, lembab, dan berair. Awal tahun juga menjadi puncak dimana curah hujan paling tinggi. Biasanya kita kedatangan “tamu” tahunan yang kita sebut dengan “banjir”. Namun tak hanya banjir yang datang ke rumah, cacing pun biasanya ikut datang.

Kondisi lingkungan dan kamar mandi di Indonesia yang lembab dan berair akibat seringnya hujan menjadi tempat cacing bersarang dan berkembang biak. Kamar mandi yang basah juga menjadi jalur masuknya cacing melalui ubin atau saluran air. Jika tidak diwaspadai, cacing ini dapat membawa penyakit dan berdampak buruk bagi kesehatan.

Bagaimana cara menghilangkan cacing di kamar mandi sekitar rumah sampai ke akar-akarnya? Yuk, kenali dulu seluk beluknya.

Penyebab cacing masuk kamar mandi

Sebelum menghilangkannya , kenali dulu apa penyebab cacing masuk ke kamar mandi dan saluran air. Cacing merah yang biasa muncul di kamar mandi terbawa aliran air di bawah rumah. Jika rumah menggunakan aliran air tanah atau lubang bor yang tidak diolah, kemungkinan besar Anda akan mengalami masalah ini.

Bukan hanya jenis airnya, sistem drainase rumah yang buruk juga bisa menyebabkan ia menyusup ke kamar mandi yang lembap. Apalagi jika lantai keramik tidak tertutup sempurna. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga setiap jalur aliran masuk dan keluar air untuk meminimalisir munculnya cacing di dalam rumah.

Cara menghilangkan cacing di kamar mandi

Membasmi makhluk bertubuh lunak ini di kamar mandi tidak cukup dengan membuangnya ke saluran pembuangan menggunakan air. Karena mereka bisa kembali ke kamar mandi melalui celah tersebut. Oleh karena itu, disarankan menggunakan cairan khusus yang mampu membunuh cacing.

Membersihkan kamar mandi dengan asam karbol atau deterjen secara rutin terbukti membantu membasmi pertumbuhan cacing ini di kamar mandi. Jika menggunakan cairan pembersih berbahan kimia, tuangkan saja ke sela-sela lantai keramik yang terbuka. Anda juga bisa menuangkan cairan tersebut langsung ke tubuh hewan lunak ini saat Anda menemukannya.

Jika Anda tidak menyukai pembersih berbahan kimia, campuran bahan-bahan alami yang bisa Anda racik sendiri bisa menjadi solusi alternatifnya.

Untuk menghilangkan cacing di kamar mandi dengan bahan alami, gunakan cara berikut ini:

  1. Siapkan campuran larutan garam dengan perbandingan 500 gram garam: 5 liter air sabun
  2. Kocok adonan hingga tercampur
  3. Setelah semuanya tercampur rata, siramlah air tersebut pada dinding dan lantai kamar mandi.
  4. Setelah itu sikat kamar mandi secara merata lalu siram kembali dengan air bersih.

Hewan bertubuh lunak ini dijamin tidak akan datang lagi ke dalam rumah jika cara ini dilakukan secara rutin. Campuran ini sendiri juga ampuh untuk memancingnya keluar dari persembunyiannya dan juga langsung mati jika masih berada di dalam saluran.

Bagaimana mencegah cacing datang kembali

Selain membasminya di kamar mandi dan saluran air, ada baiknya juga mencegah hewan invertebrata ini masuk kembali. Caranya cukup dengan mengisi sela-sela lantai keramik yang bolong.

Perawatan dan perbaikan dinding dan lantai kamar mandi yang berlubang merupakan tindakan preventif yang sangat penting agar ia tidak datang kembali. Apalagi makhluk tanpa tulang belakang ini bisa masuk dari celah-celah lubang kecil di dinding dan lantai kamar mandi. Kombinasi tindakan preventif dan korektif ini dijamin menjadi cara yang efektif dan efisien untuk membasminya.

Semoga cara menghilangkan makhluk bertubuh lunak ini di kamar mandi dan saluran air ini dapat bermanfaat.

Jika Anda sedang mencari pembasmi serangga, hubungi PT Vadel Ksatria Samudera Indonesia di Metro Permata 1, Blok A.1 No.17 Kota Tangerang Banten atau telepon 021 22272888 dan e-mail: cs@vadel.co.id. ***