Hewan pengerat, semisal tikus atau mencit kerap masuk ke dalam mobil, terutama mesinnya, dan menetap di sana.

Jakarta, IDNtribune.com – Saat kita memiliki mobil, kita harus memastikan melakukan yang terbaik merawatnya dan tidak membiarkannya rusak sebelum waktunya.

Bagaimana cara melakukan hal ini? Jawabannya sederhana. Kita perlu menginvestasikan waktu dan perhatian pada perawatan mobil kita.

Salah satunya adalah gangguan hewan pengerat, semisal tikus atau mencit. Hewan pengerat ini kerap masuk ke dalam mobil, terutama mesinnya, dan menetap di sana.

Bila mereka lapar, mereka biasa menggigit pipa dan saluran yang merupakan komponen penting mobil. Ini bisa menyebabkan hubungan arus pendek atau bahkan mesin mobil tak hidup saat distarter. Berikut ini 7 cara menghindari tikus di dalam mobil.

Jauhkan Makanan

Kotak makanan anjing, makanan kucing kering, bibit burung, pakan ternak, bibit sayuran, dan bahkan snack yang biasa kita simpan di dashboard semuanya dapat menarik perhatian tikus. Kadang kala, mobil yang diparkir di dekat toko makanan pun memancing hewan ini. Hewan pengerat ini mungkin menetap di dalam mobil yang diparkir rapi dengan sumber makanan yang dapat diakses di dekatnya. Simpanlah pilihan-pilihan lezat ini dalam wadah yang dapat diKitalkan, tertutup rapat, dan tahan hewan pengerat. Tikus dan tikus masih bisa masuk melalui wadah karton, kertas, plastik, atau tas belanjaan. Begitu pula jika anak Kita mengonsumsi jajanan di dalam kendaraan dan meninggalkan remah-remahnya di bawah jok, tikus di lingkungan sekitar akan berbondong-bondong masuk ke dalam mobil. Jadi jagalah mobil Kita bebas dari segala jenis makanan dan bersihkan mobil secara menyeluruh jika ada makanan yang disimpan di dalam atau di dekatnya.

Tutup rapat

Kita mungkin dapat memahami mengapa tikus menganggap ruang mesin kendaraan Kita sebagai tempat berlindung yang menarik, mengingat banyaknya celah dan kehangatan yang dihasilkan oleh mesin. Namun, Kita bisa membuatnya kurang menarik hanya dengan membuka kap mesin. Ini secara efektif menghilangkan atap dari rumah potensial mereka, membuatnya tampak kurang memberikan perlindungan. Idealnya, hewan pengerat tersebut akan pergi dan mencoba hidup di tempat lain.

Gunakan Pengusir Hewan Pengerat untuk Mobil

Temukan pengusir tikus terbaik untuk mobil dan gunakan secara bebas jika hewan pengerat sudah membuat sarang di mobil Kita. Telah dibuktikan bahwa menggunakan bahan yang benar-benar alami dan aman, seperti minyak pepermin sebagai pengusir hewan pengerat pada mobil, dapat secara efektif menangkal hama tersebut. Pembuat kebisingan ultrasonik adalah pengusir tikus terbaik lainnya untuk mobil. Gadget ini, yang dapat disembunyikan di bawah tenda, mengeluarkan nada yang hampir tidak terlihat oleh manusia tetapi sangat tidak menyenangkan bagi hama.

Beli Jaring Tikus untuk Mobil

Jaring tikus untuk mobil selalu memungkinkan jika Kita perlu melindungi mobil Kita tanpa hambatan. Kami menawarkan saran ahli yang lebih baik lagi saat Kita memarkir kendaraan dalam waktu lama. Kita dapat mencoba memasang perangkap di sekitar pintu masuk garasi atau carport atau menyebarkannya di sekitar kendaraan. Ini akan menjebak hewan pengerat dan menghentikan mereka mencoba masuk ke dalam mobil Kita dan merusaknya.

Awasi Mobil Kita dengan Cermat

Periksa undercarriage mobil Kita sesering mungkin. Sarang tikus mudah ditemukan dan disingkirkan. Periksa juga apakah ada yang menggerogoti atau rusak pada sistem kelistrikan dan mekanis. Periksa kerusakan pada jalan masuk dan motor. Karena tikus menyukai rasa oli, bensin, dan cairan motor lainnya, mereka tertarik pada kebocoran seperti ini. Kebocoran cairan dapat menyulut material pinggir jalan, seperti dedaunan dan sampah. Kebocoran juga berbahaya bagi lingkungan, hewan, dan anak-anak. Waspadai mainan kerincingan. Kebanyakan mobil memiliki komponen tahan api antara lantai dan pipa knalpot. Tikus atau hewan lain mungkin telah copot komponennya jika Kita mendengarnya berderak. Mengawasi adalah cara terbaik untuk melindungi mobil Kita dari tikus.

Temukan Titik Masuk dan Tutup

Jika Kita yakin telah menemukan titik masuk yang digunakan tikus atau hewan pengerat lainnya untuk mengakses mobil Kita, Kita dapat menutupnya dengan jaring. Menemukan lokasi masuk mungkin sulit karena hewan pengerat dan tikus dapat masuk melalui celah yang sangat kecil. Kita dapat mendiskusikan penutupan titik akses tersebut dengan mekanik yang andal.

Berhati-hatilah di Tempat Kita Parkir

Tikus dan mencit lebih suka mencari perlindungan di kegelapan. Oleh karena itu, saat memarkir kendaraan, nyalakan lampu garasi. Pastikan tempat parkir memiliki penerangan yang cukup jika Kita tidak parkir di garasi. Pastikan juga bagian dalam mobil mendapat sinar matahari langsung pada siang hari.

Kesimpulan

Tikus menggigit berbagai benda untuk menjaga kesehatan giginya karena giginya terus tumbuh. Jika tikus atau hewan pengerat memasuki kendaraan, mereka dapat menggerogoti kabel, meledakkan sekring, memicu kebakaran, atau bahkan merusak mobil. Mereka diketahui mengunyah kain, merobek bahan ventilasi udara, dan menggores permukaan seperti kursi dan bantal. Mereka bahkan bisa mengunyah kabel di sekitar mesin. Selain itu, tidak ada orang yang senang menemukan kotoran hewan pengerat di dalam kendaraannya. Jadi, penting untuk memahami cara mengusir tikus dari mobil.

Nah, setelah itu sudah dilakukan dan hewan pengerat ini masih juga bercokol di dalam mobil kita, saatnya memanggil Tim Pembasmi Hama atau Pest Management dari lokasi terdekat Anda. ***