IDNtribune.com – Mencari minuman sehat selain air putih? Berikut tips dalam menentukan pilihan minuman rendah kalori.

Dalam hal tetap terhidrasi, membuang racun, dan menjaga kesehatan organ, air tidak ada duanya. Namun bagaimana jika anak Anda tidak suka minum air putih, dan menginginkan lebih banyak pilihan cairan sebanyak 8 ons gelas sehari?

Berikut 8 minuman sehat selain air putih yang tidak mengandung bahan buatan atau bergula serta mudah dibuat di rumah dan murah.

Kecuali Anda dan anak Anda memiliki alergi atau disarankan untuk menghindarinya, minuman ini aman dan sehat untuk dikonsumsi.

Ini mungkin juga baik untuk penderita diabetes, hipertensi, atau kolesterol tinggi, serta aman untuk wanita hamil dan menyusui.

1. Teh hijau

Teh hijau merupakan salah satu minuman tersehat karena kaya akan polifenol dan antioksidan alami yang dapat memperlambat penuaan dan melindungi sel dari racun dan karsinogen. Antioksidan dapat membantu melindungi terhadap penyakit jantung dengan merelaksasi pembuluh darah, mengurangi risiko pembentukan bekuan darah yang dapat mengakibatkan serangan jantung dan stroke.

    Teh hijau juga mengandung fluoride yang memperkuat gigi, dan flavonoid yang memperkuat tulang. Ini mengurangi risiko kerusakan gigi dan osteoporosis.

    2. Teh mint

    Mint bersifat antispasmodik, artinya dapat membantu mengendurkan otot dan mengurangi kekakuan dan nyeri. Ini juga membantu pencernaan dengan mendorong pergerakan makanan melalui saluran pencernaan.

      Mint memiliki efek mendinginkan, jadi sangat cocok diminum untuk melawan panas. Anda bisa meminumnya dingin dicampur dengan jus lemon segar selama bulan-bulan musim panas.

      3. Kopi hitam

      Kopi hitam adalah pilihan sehat lainnya jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Bila diminum di pagi hari, memberikan manfaat perlindungan dari penyakit jantung dan demensia.

      4. Susu bebas lemak

      Susu mengandung komponen makanan sehat, antara lain karbohidrat, protein, dan sedikit lemak. Oleh karena itu membantu menstabilkan gula darah dan mengurangi nafsu makan.

        Susu juga kaya kalsium dan mengandung vitamin D. Kalsium membantu membakar sel-sel lemak, dan vitamin D membantu penyerapan kalsium secara maksimal. Pastikan Anda tidak memiliki alergi susu.

        5. Susu kedelai atau susu almond

        Susu kedelai adalah alternatif yang bagus jika Anda seorang vegan atau ingin mengurangi konsumsi susu. Kaya serat dan protein, membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida serta mengurangi risiko penyakit jantung. Anda juga bisa membeli susu kedelai yang diperkaya dengan kalsium, vitamin A, dan vitamin D.

          Namun perlu diingat bahwa kedelai mengandung fitoestrogen yang diduga terkait dengan peningkatan risiko kanker payudara. Maka dari itu para wanita disarankan untuk berkonsultasi ke dokter mengenai dianjurkan tidaknya produk kedelai, terutama jika terdapat riwayat keluarga atau riwayat kanker payudara di masa lalu.

          Susu almond kaya akan protein dan sangat rendah kalori. Ini juga merupakan sumber vitamin E dan D yang baik. Versi yang diperkaya mengandung vitamin dan mineral lain, menjadikannya lebih bergizi.

          6. Coklat panas

          Susu coklat tanpa gula bisa menyehatkan bila dikonsumsi dalam jumlah sedang. Kakao meningkatkan produksi serotonin, yang membantu mengatur suasana hati dan mengurangi risiko depresi. Kakao juga kaya akan polifenol yang merupakan antioksidan alami.

            Cokelat panas dapat dibuat dengan menambahkan sesendok bubuk kakao ke dalam susu bebas lemak, susu kedelai, susu almond, susu oat, dll.

            7. Jus jeruk atau lemon

            Jus jeruk atau lemon segar merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Ini adalah antioksidan kuat yang dapat melindungi dari berbagai penyakit, mengurangi risiko kanker, meningkatkan kekebalan tubuh, memperbaiki pencernaan, dan membantu warna kulit. Lebih baik minum jus segar daripada jus kemasan, yang dalam banyak kasus mengandung bahan pengawet dan tambahan gula.

            8. Smoothie buatan sendiri

            Smoothie buatan sendiri dapat dibuat dengan memadukan buah-buahan segar, sayuran, sayuran hijau, dan kacang-kacangan. Mereka mengandung banyak nutrisi dan bisa sangat mengenyangkan. ***