Dalam bukunya Earthing: Penemuan Kesehatan Paling Penting yang Pernah Ada? penulis Clint Ober menceritakan kisah luar biasa tentang seorang pria lanjut usia yang awalnya hanya terbaring di tempat tidur karena artritis reumatoid parah, lalu bisa bangun dan berjalan-jalan dalam hitungan hari.

Satu-satunya perbedaan? Dia menghabiskan malam-malamnya dengan earthing, tidur tanpa alas, terhubung langsung dengan Bumi – rumput, tanah, pasir, perairan, dan bahkan beton. Pria tersebut terus mengalami peningkatan kesehatan, mendapatkan kembali kemampuan dasar seperti mampu melakukan pekerjaan rumah tangga sendiri.

Kedengarannya seperti fiksi ilmiah, namun menghubungkan tubuh Anda secara fisik dengan Bumi memiliki manfaat penyembuhan yang nyata, bahkan kemampuan untuk menyembuhkan penyakit kronis. Ini disebut earthing atau grounding. Dan kisah di atas hanyalah satu dari ratusan orang yang telah meningkatkan kesehatannya dengan menyambung kembali ke bumi.

Dalam artikel ini, kita akan mendalami lebih dalam mengenai hal itu.

Apa itu Earthing atau Grounding?

Earthing, juga disebut grounding, adalah proses menempatkan tubuh Anda dalam kontak langsung dengan bumi — rumput, tanah, pasir, perairan, dan bahkan beton — untuk mendapatkan manfaat kesehatan tertentu.

Idenya adalah bahwa manusia pada dasarnya adalah makhluk listrik – kita memerlukan listrik untuk menggerakkan jantung, memompa darah, dan melakukan reaksi kimia yang tak terhitung jumlahnya ke seluruh tubuh. Karena sebagian besar terdiri dari air dan mineral , kami juga merupakan konduktor yang sangat baik. Dan untungnya bagi kita, kita kebetulan mempunyai sumber energi listrik yang sangat besar yang disesuaikan dengan frekuensi yang kita perlukan agar tetap tenang, puas, dan sehat — Bumi.

Bumi menyimpan miliaran elektron bebas yang bebas kita serap selama kita terhubung secara fisik ke bumi melalui kontak kulit. Bumi menghasilkan energi listrik ini melalui ribuan sambaran petir, radiasi matahari, dan energi dalam yang dihasilkan dari inti dalam planet. Intensitas listrik di planet ini naik dan turun seiring dengan naiknya matahari, begitu pula tingkat energi kita.

Peradaban kuno, meskipun mereka tidak tahu apa-apa tentang elektron, selalu mengakui kekuatan penyembuhan dari Bumi. Mereka sadar bahwa kesehatan manusia hidup berdampingan dengan siklus dan sumber daya di planet ini. Qi (Cina) dan prana (India) adalah dua sumber energi yang sebagian mewujudkan gagasan ini.

Jika ini semua terdengar aneh, pikirkan bagaimana perasaan Anda berjalan tanpa alas kaki di pantai, atau berlari di halaman belakang bersama anjing Anda, atau berenang di laut. Ketika kita terhubung dengan alam, kita sering merasakan kepuasan dan kesejahteraan yang jarang kita temukan di tempat lain. Seperti itulah rasanya menerima energi dari Bumi.

Manfaat Earthing

Pembumian memiliki manfaat nyata yang didukung penelitian yang meliputi:

  • Mengurangi peradangan
  • Mengurangi nyeri, termasuk nyeri kronis
  • Mengatur sistem saraf dan kadar kortisol
  • Melindungi tubuh dari medan elektromagnetik yang mengganggu (EMF)
  • Mengurangi jetlag
  • Meningkatkan aliran darah
  • Memulihkan energi
  • Meningkatkan kualitas tidur
  • Penyembuhan luka lebih cepat
  • Mengatur imunitas
  • Meningkatkan suasana hati
  • Mengurangi kekentalan darah (menurunkan risiko penggumpalan darah).

Salah satu syarat untuk mencapai manfaat ini adalah kontak kulit yang berkepanjangan dengan Bumi. (Meskipun lapisan tipis pakaian alami, seperti kaus kaki katun 100%, tampaknya tidak terlalu menghalangi hubungan tersebut.) Sebuah studi baru-baru ini tentang potensi sepatu pelat serat karbon, alias “sepatu grounding”, untuk meningkatkan performa lari menunjukkan bahwa pelari tidak mengalami perbedaan penanda fisiologis atau persepsi dengan sepatu grounding vs. sepatu latihan biasa.

Hal ini menunjukkan bahwa momen kontak singkat dengan tanah saat berlari tidak cukup untuk merangsang efek mendarat pada tubuh manusia, bahkan dalam waktu lari 20 menit.

Kontak kulit dengan bumi dalam waktu lama diperlukan, biasanya setidaknya dalam jangka waktu 15-20 menit sebelum Anda mulai merasakan manfaat nyata seperti relaksasi dan pereda nyeri. Biasanya, semakin lama Anda terhubung, semakin banyak manfaat yang akan Anda rasakan, namun setiap orang berbeda. Apa pun yang terjadi, elektron bebas tersebut akan bekerja di tubuh Anda segera setelah Anda menginjak rumput di halaman belakang rumah.

Earthing adalah kebiasaan yang bagus untuk dilakukan, meskipun hanya untuk waktu singkat setiap hari. (Jika Anda berlatih membumi di pagi hari bersamaan dengan mendapatkan sinar matahari pagi, Anda memberi makan dua burung dengan satu scone.) Namun manfaat yang konsisten datang dari kontak yang konsisten, idealnya selama berjam-jam.

Di sinilah letak permasalahan kita dalam kehidupan kita yang modern dan sibuk. Berapa banyak dari kita yang benar-benar mempunyai waktu untuk menghabiskan waktu dengan jari-jari kaki kita di pasir (atau rumput, atau tanah) selama berjam-jam sehari? Meskipun berkemah kadang-kadang merupakan perjalanan yang menyenangkan, kita tidak akan tidur di tanah setiap malam.

Inilah sebabnya mengapa Clint Ober, pionir TV kabel yang menjadi pakar dan advokat grounding, mengembangkan produk grounding pertama. Dia mulai dengan pita konduktif sederhana yang dia tempelkan pada tempat tidur teman-temannya, dihubungkan ke kawat dan batang grounding yang ditancapkan di tanah di luar. Hal ini diperluas ke matras pembumian untuk berdiri, duduk, atau meletakkan di permukaan meja atau konter, set seprai, semacam kantong tidur yang ditujukan untuk atlet saat bepergian, dan inovasi lainnya.

Produk-produk ini cukup dicolokkan ke stopkontak dan mengalirkan energi Bumi ke Anda, baik saat Anda bekerja di depan komputer, menonton TV, atau tidur. Banyak orang merasakan manfaatnya untuk menjaga kontak dengan Bumi dan mendapatkan manfaat anti-inflamasi, pereda nyeri, dan peningkatan suasana hati sepanjang hari.

Apakah Ada Efek Negatif Earthing?

Pembumian benar-benar aman dan mungkin merupakan modalitas penyembuhan paling alami yang bisa Anda lakukan.

Produk pembumian juga aman selama tersambung ke stopkontak listrik yang diarde. Anda harus menerima perangkat pengujian dengan produk grounding Anda untuk mengukurnya.

Saat melakukan pembumian, Anda tidak disetrum atau tersengat listrik dengan cara apa pun. Pembumian mewakili transfer energi yang sangat halus dari tanah ke Anda. Grounding juga melindungi Anda dari EMF dan radiasi berbahaya lainnya dari dunia kita yang saling terhubung.

Earthing Penting untuk Kesehatan Pikiran, Tubuh, dan Jiwa

Kita tergoda untuk selalu mencari inovasi terbaru dalam ilmu pengetahuan dan kedokteran untuk meningkatkan kesehatan kita, dan kita tentu saja tidak menentang kemajuan semacam itu. Namun terkadang ada solusi tepat di depan Anda, dan Anda tidak menyadarinya. Untuk masalah-masalah seperti nyeri kronis, ketidakseimbangan suasana hati, dan bahkan kondisi seperti diabetes dan penyakit jantung, terhubung dengan Bumi setiap hari dapat memainkan peran besar dalam memulihkan kesehatan dan kesejahteraan.