IDNtribune.com – Kolesterol tinggi bisa jadi masalah serius dan membahayakan kesehatan jantung. Kalau kamu didiagnosis dengan kolesterol tinggi, penting banget buat merubah gaya hidup dan mulai perawatan yang tepat untuk menurunkannya.

Salah satu cara yang bisa kamu coba adalah dengan mengonsumsi ikan. Sebagian besar ikan rendah lemak jenuh dan lemak trans, jadi aman untuk menurunkan kolesterol.

Menurut Medical News Today, orang yang mau mengurangi kadar kolesterol bisa makan ikan tanpa khawatir. Bahkan, American Heart Association (AHA) merekomendasikan makan lebih banyak ikan, setidaknya 8 ons per minggu, untuk menurunkan kolesterol.

Berikut beberapa jenis ikan yang mudah ditemukan di pasar atau supermarket dan bisa membantu menurunkan kolesterol.

Ikan yang Bantu Menurunkan Kolesterol

  1. Ikan Salmon Salmon adalah salah satu ikan terbaik untuk menurunkan kolesterol. Kamu bisa mengolahnya dengan cara direbus, dibakar, atau dipanggang di oven. Hindari mentega dan gunakan minyak zaitun serta perasa alami seperti jeruk, bawang putih, dan kecap.
  2. Ikan Trout Trout juga bagus untuk menurunkan kolesterol. Kamu bisa memasaknya dengan cara dibakar, direbus dengan kaldu ayam atau sayur, atau dijadikan salad. Panggang atau rebus trout dengan sayuran dan kaldu aromatik untuk hasil terbaik.
  3. Ikan Sarden Sarden segar juga bisa membantu menurunkan kolesterol. Pastikan sarden yang kamu konsumsi benar-benar segar untuk manfaat maksimal.
  4. Ikan Lele Selain murah dan mudah ditemukan, lele juga mengandung omega-3 dan rendah kalori, cocok untuk menurunkan kolesterol.
  5. Ikan Teri Teri juga baik untuk menurunkan kolesterol. Kamu bisa mengolahnya dalam berbagai masakan seperti tumisan atau balado.

Cara Mencegah Kolesterol Tinggi

Mencegah kolesterol tinggi bisa dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat. Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba:

  • Konsumsi makanan rendah garam yang kaya buah, sayur, dan biji-bijian.
  • Batasi asupan lemak hewani dan gunakan lemak baik secukupnya.
  • Turunkan berat badan ekstra dan pertahankan berat badan sehat.
  • Berhenti merokok.
  • Rutin berolahraga minimal 30 menit setiap hari.
  • Kelola stres dengan baik.

Mulai gaya hidup sehat sekarang untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal dan menjaga kesehatan jantungmu!