Singapura, IDNtribune.com – Pemegang rekening bank UOB dan OCBC kini dapat melakukan pembayaran non-tunai menggunakan QR di Indonesia, sementara nasabah DBS akan segera dapat melakukannya.

Pembayaran ritel lintas batas yang lancar ini dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi mobile banking yang ada untuk memindai kode QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) atau Nets QR yang ditampilkan oleh masing-masing merchant di Indonesia dan Singapura.

Beberapa bank juga mempermudah transfer dana antara rekening Singapura dan Malaysia dengan menghubungkan PayNow Singapura dan DuitNow Malaysia. Pengguna akan dapat mentransfer uang antar kedua negara hanya dengan nomor ponsel penerima atau alamat pembayaran virtual.

Mengutip The Straits Times, Jacquelyn Tan, Kepala Bidang Layanan Keuangan Pribadi UOB, mengatakan: “Mengingat besarnya jumlah penduduk Malaysia yang tinggal dan bekerja di Singapura, kami mengantisipasi bahwa layanan transfer dana UOB DuitNow akan menjadi mode yang cepat, aman, dan bebas kerumitan bagi para nasabah. mereka untuk mengirimkan uang kembali ke rumah untuk pengeluaran pribadi dan keluarga sehari-hari.”

Sebelumnya pada 2023, OCBC memungkinkan pelanggannya memindai dan membayar pedagang dengan kode QR DuitNow.

Sunny Quek, kepala layanan keuangan konsumen global bank tersebut, mengatakan pada The Straits Times: “Hal ini diterima dengan sangat baik. Pada bulan Oktober saja, terdapat sekitar 25 persen lebih banyak transaksi dibandingkan bulan September.”

Bank Indonesia dan MAS mengatakan dalam pernyataan bersama pada tanggal 17 November: “Dengan kemudahan pembayaran yang lebih baik, hubungan pembayaran QR QRIS-Nets dapat memungkinkan usaha mikro dan kecil untuk memanfaatkan kelompok pelanggan baru di negara masing-masing.”

“Keterhubungan ini juga akan mendorong aktivitas e-commerce lintas batas dan belanja pariwisata oleh masyarakat dan usaha kecil di Singapura dan Indonesia,” imbuh Menon.