Poso, IDNtribune.com – Sebanyak 31 orang calon anggota Resimen Mahasiswa (Menwa) Sulawesi Tengah memulakan Pendidikan dan latihan dasar militer (Diklatsarmil) Gabungan di Batalyon Infanteri 714/Sintuwu Maroso, Poso, Sulawesi Tengah, Senin (21/8/2023)

Para calon Menwa ini berasal Universitas Islam Negeri Datokarama Palu, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan-Indonesia Jaya Akfar Bifar Palu, Universitas Al Khairat Palu, Universitas Sintuwu Maroso Poso dan Universitas Kristen Tentena.

Hal ini disampaikan oleh Komandan Satuan Tugas Diklatsarmil Menwa Sulteng, Salman Al Farisi di Poso, Senin (21/8/2023).

Ia menjelaskan bawah terselenggaranya diklatsarmil Menwa Sulteng ini berkat dukungan langsung dari Danrem 132/Tadulako Brigjen TNI Dody Triwinarto sebagai Pembina Menwa Sulteng dan Danyon Yonif 714/Sintuwu Maroso Letkol Inf Subekhi sebagai Penanggungjawab Diklatsarmil, serta dukungan dari Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf.

“Diklatsarmil gabungan yang ke-2 ini juga menjadi istimewa karena dukungan langsung dari Bapak Brigjen TNI Dody Triwinarto dan Danyonif 714/Sintuwu Maroso yang membuat kita bebas biaya diklatsarmil dan pemakaian fasilitas serta dukungan pelatih, dan ditambah dukungan seluruh Kaporlap (Perlengkapan Perorangan dan Lapangan) dari Bapak Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf,” ungkap Salman.

Salman menyebutkan bahwa dukungan dari Pangdam V/Brawijaya, Danrem 132/Tadulako dan Danyonif 714/Sintuwu Maroso membuat Diklatsarmil ini berlangsung dengan lancar. Di tahun-tahun sebelumnya, secara pribadi Pangdam V/Brawijaya juga selalu membantu Menwa Sulteng sehingga mereka dapat menyelenggarakan pelbagai kegiatan.

Dari laporan Danyonif 714/SM kepad Danrem 132/Tadulako diketahui Diklatsarmil ini dipimpin Komandan Pelatih Letda Inf Dwi, didukung para pelatih yang terdiri dari Sertu Andika Wahyudi, Serda I Wayan Roki, Serda Hafid iswantoro, Serda Wahyu Lasiri, Serda Sahrulah Ismail dan Serda Armansyah.

Sementara rincian para calon Menwa Sulteng terdiri dari 12 orang dari UIN Datokarama Palu, 5 orang dari STIK-IJ Akfar Bifar Palu, 4 orang dari Unisa Palu, 6 orang dari Universitas Sintuwu Maroso Poso dan 5 orang dari Unkrit Tentena.

Diklatsarmil berlangsung di lingkungan Yonif 714/SM Poso dari tanggal 21-26 Agustus 2023 ini. ***