IDNtribune.com – Tidur ala tentara, meski pendek tapi berkualitas, kita harus pelajari juga. Mengingat kerap kita susah tidur, bahkan hingga larut malam.

Bila kita tidur di kamar yang bersih dan tenang, tentu tak masalah. Mungkin saja dalam hitungan menit kita akan nyenyak terlelap.

Namun bagaimana jika kita akan tidur di tengah kondisi yang bising, penuh tekanan, dan berbahaya, seperti di medan temur atau operasi? Kita tentu akan kesulitan untuk tertidur.

Mengingat betapa menegangkan, dan berbahayanya situasi di medan penugasan, mereka menciptakan metode untuk membantu tentara tetap bisa tidur dalam suasana mencekam. Teknik ini pertama kali dicatat dalam buku tahun 1981 Relax and Win: Championship Performance oleh pelatih Olimpiade Lloyd Bud Winter.

Winter menghabiskan tahun-tahun setelah Perang Dunia II berbicara dengan anggota Korps Udara Angkatan Darat AS dan dia belajar tentang teknik yang mereka gunakan untuk menyamankan pilot mereka. Dikatakan bahwa pilot di Sekolah Pra-Penerbangan yang menggunakan metode militer mampu tertidur dalam waktu 10 menit. Hanya dalam waktu enam minggu, 96% pilot yang menggunakan metode ini dilaporkan dapat tertidur dalam jangka waktu tersebut — bahkan saat ada suara tembakan di latar belakang.

Lima Langkah Ajaib

Jadi, apa teknik ajaib ini? IDNtribune.com memaparkan langkah-langkah mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Ini sengaja dirancang agar mudah dan efisien, sehingga siapa pun dapat memulainya malam ini.

  1. Rilekskan wajah Anda. Fokus pada dahi Anda, mata Anda, pipi Anda, rahang Anda, dan sebagainya. Rasakan ketegangan yang ada di dalamnya dan secara sadar singkirkan itu.
  2. Jatuhkan bahu Anda. Biarkan lengan Anda terjatuh dan bahu Anda rileks. Bayangkan ada angin lembut dan hangat yang dengan lembut mendorong lengan Anda ke bawah.
  3. Ambil napas dalam-dalam. Perlahan tarik napas dan keluarkan. Saat Anda melakukannya, fokuslah pada bagaimana hal itu membuat perut Anda rileks. Jangan mencoba menahan perut Anda; keluarkan semuanya.
  4. Relakskan kaki Anda. Angin hangat kembali datang, dan kali ini dengan lembut menurunkan kaki Anda. Biarkan kaki Anda tenggelam ke tempat tidur atau lantai. Bahannya kelam, dan tempat tidurnya empuk.
  5. Kosongkan pikiranmu. Ada beberapa cara untuk melakukan ini. Misalnya, cobalah memvisualisasikan beberapa gambaran yang menenangkan, seperti berbaring di tepi sungai yang mengalir atau menatap awan. Jika tidak berhasil, coba ucapkan kata “jangan berpikir” berulang kali selama kurang lebih 10 detik. Jika perhatian Anda teralihkan, jangan marah; tarik saja pikiran Anda kembali ke salah satu dari dua teknik tersebut.

Latihan Membuatnya Sempurna

Dari apa yang telah dicobakan Winter dan Angkatan Darat A.S. mereka merumuskan beberapa hal terkait tidur ala tentara itu. Tahap 1, 2, dan 5 dikenal sebagai “relaksasi otot progresif”, dan bukti menunjukkan bahwa ini adalah cara yang baik untuk menciptakan keadaan tenang dan damai. Terlebih lagi, teknik pernapasan pada tahap 3 dan “citra terpandu” pada tahap 5 telah terbukti “meningkatkan keadaan relaksasi, dan meningkatkan kenyamanan secara keseluruhan.”

Penelitian Winter menunjukkan bahwa menjaga rutinitas adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kebiasaan tidur Anda. Bisa berupa membaca sebelum tidur, mandi, atau melakukan olahraga ringan. Intinya rutinitas itu sendiri itu penting. Jadi cobalah metode militer, tapi jangan mengharapkan hasil instan. Diperlukan waktu antara dua hingga enam minggu untuk menjadi seorang ahli — cukup waktu untuk menjadikannya rutin. Teruslah melakukannya, dan Anda mungkin akan bangun dengan perasaan cukup istirahat. ***