Salah satu cara untuk menciptakan suasana higienis dan terhindar dari infeksi adalah dengan menjaga rumah tetap bersih dan bebas hama. Cicak adalah salah satu serangga yang paling sering ditemui, karena mereka dapat merayap ke setiap sudut rumah Anda dan hidup bebas.

Di rumah-rumah di negara tropis, tidak diragukan lagi cicak adalah hama yang paling umum. Terlebih lagi, hanya dengan melihatnya saja dapat menimbulkan serangkaian reaksi yang menakutkan. Meskipun cicak rumahan pada umumnya tidak beracun atau berbahaya secara fisik, mereka adalah hama yang menyulitkan pemeliharaan kebersihan.

Oleh karena itu, menjauhkan cicak dari rumah sangat penting untuk melindungi anak-anak dan anggota keluarga dari penyakit apa pun yang mungkin mereka bawa. Jadi, kami telah menyusun daftar “cara mengusir cicak” di artikel ini, dan kami akan melihat berbagai metode sederhana dan efektif untuk mengusir cicak dari rumah Anda.

Apa yang membuat cicak datang ke rumahmu?

Cicak adalah tamu yang tidak disukai, dan Anda ingin melakukan apa saja untuk menyingkirkannya. Sebelum kita membahas cara mengusir cicak di rumah, penting untuk memahami alasan pertama mereka datang ke rumah kita:

  • Bau sisa makanan menarik perhatian cicak. Pastikan makanan disimpan di lemari es Anda, bukan di permukaan dapur.
  • Mereka mendapatkan akses ke rumah melalui celah langit-langit, jendela, kipas angin, dan sistem ventilasi.
  • Jika suhu ruangan tinggi, cicak mungkin tergoda untuk masuk, jadi tutuplah pintunya.
    Polusi di dalam rumah bisa menarik perhatian cicak. Jadi, bersihkan ruang penyimpanan dan tempat penyimpanan lainnya.
  • Kadal juga tertarik dengan air hangat yang disimpan di dalam ruangan.

Bagaimana cara mengusir cicak di rumah?

Jika Anda pernah bertanya-tanya “bagaimana cara mengusir cicak”, panduan ini dapat membantu Anda. Maka instruksi sederhana dan metode praktis ini dapat membantu Anda menghilangkannya. Beberapa solusi merupakan cara alami untuk membasmi cicak, sementara solusi lainnya memerlukan penggunaan produk yang dipasarkan seperti pengusir cicak.

Berikut beberapa cara mengusir cicak di rumah yang efektif dan mudah:

1. Gunakan semprotan merica

Semprotan merica adalah pilihan terbaik jika Anda tidak ingin menjadi pembunuh kadal. Jika Anda sedang mencari perawatan rumahan untuk membasmi cicak, semprotan merica harus ada dalam daftar teratas Anda. Di daerah yang terdapat cicak, semprotkan campuran air dan lada hitam. Karena lada dianggap dapat mengiritasi kadal dan menyebabkan reaksi alergi, kadal menghindari area yang menggunakan semprotan merica. Semprotan merica bisa diganti dengan cabai merah bubuk, saus pedas, atau cabai merah serpihan. Karena dapat mengiritasi mata Anda, semprotkan di ruangan yang gelap dan kosong untuk mengusir kadal.

2. Masukkan bawang bombay dan bawang putih

Bawang putih dan bawang bombay memiliki bau yang menyengat sehingga menyerang indra cicak dan merupakan cara yang baik untuk menghilangkannya tanpa membahayakannya. Akibatnya, kecil kemungkinan kadal untuk kembali ke lokasi yang sama. Untuk mengusir cicak, letakkan beberapa irisan bawang bombay atau siung bawang putih mentah di seluruh rumah Anda. Jika Anda tidak ingin meninggalkannya, masukkan ke dalam botol plastik berisi air dan gunakan sebagai pengusir cicak di rumah.

3. Gunakan kapur barus

Ini adalah cara yang baik untuk mengusir cicak di dalam rumah, namun sebaiknya hanya digunakan oleh rumah tangga yang tidak memiliki hewan peliharaan atau bayi, karena kapur barus dapat berbahaya bagi kesehatan mereka. Karena cicak tidak bisa mencium bau tajam dari kapur barus, mereka menghindarinya. Singkirkan cicak dengan meletakkan kapur barus tersebut di lemari dapur, rak penyimpanan, dan di bawah wastafel. Menjaga mereka pada jarak yang aman dari persediaan makanan adalah ide yang cerdas.

4. Kurangi suhu ruangan

Karena mereka tidak dapat mengatur suhu tubuh dan lebih suka hidup berkelompok, cicak lebih menyukai lingkungan yang lebih hangat. Di daerah yang lebih sejuk, mereka langka dan kesulitan untuk bertahan hidup, dan penduduk tidak perlu khawatir tentang cara membunuh kadal. Sayangnya, membuka jendela saja tidak cukup untuk menghilangkan cicak dari rumah. Pendinginan yang dihasilkan oleh sistem pendingin udara akan mengusir cicak. Cicak tidak menyukai suhu dingin, jadi coba kurangi suhu ruangan dengan menggunakan pendingin dan AC. Ini adalah salah satu cara paling sederhana untuk mengusir cicak dari rumah Anda.

5. Buang segera sisa makanan

Karena cicak biasanya memasuki rumah untuk mencari sisa makanan, ini lebih merupakan strategi pencegahan daripada reaksi terhadap masalah yang ada. Ini adalah metode sederhana untuk mengusir cicak dari rumah Anda. Tumpahan atau remah apa pun harus dibersihkan secepat mungkin. Bersihkan lemari Anda secara teratur untuk menampung makanan yang mungkin terjatuh, dan sering-seringlah mencuci tempat sampah basah. Ini akan menjauhkan cicak dari rumah Anda.

6. Ventilasi lemari dapur

Cicak lebih menyukai lingkungan yang lembap dan basah, dan lemari dapur adalah salah satu tempat paling umum di mana mereka dapat ditemukan. Oleh karena itu, menjaga semua lemari di bawah wastafel tetap bersih dan kering dapat membantu mengusir kadal. Meskipun ini tidak akan mengajari Anda cara membunuh cicak, namun ini akan mengajarkan Anda cara mengusir cicak di rumah tanpa melukainya. Sangat penting untuk memperbaiki pipa atau sudut yang bocor untuk mencegah kadal berkumpul di rumah Anda.

7. Mengusir Cecak dengan Bahan Alami

Ada beberapa hal yang dapat digunakan untuk mengusir cicak dari rumah Anda; beberapa di antaranya tidak mahal dan dapat digunakan di dalam ruangan tanpa takut akan efek samping. Untuk membasmi kadal di rumah Anda, cobalah salah satu metode berikut:

  • Serai, dengan aroma lemonnya, adalah cara terbaik untuk mengusir kadal sekaligus menjaga lingkungan rumah Anda tetap indah. Cukup simpan beberapa potong serai di sembarang tempat di rumah.
  • Cangkang telur mengandung bau menyengat yang membuat cicak sakit. Mereka juga memberi kesan pada kadal bahwa hama yang lebih besar sedang mendekat.
  • Air dingin adalah salah satu pendekatan untuk menangkap kadal. Kadal tidak menyukai air dingin, sehingga jika ditampar, mobilitasnya terhambat sehingga lebih mudah ditangkap.
  • Untuk mengusir cicak, sebarkan tablet fenil di sekitar rumah. Bau tablet ini tidak sedap bagi cicak, sehingga mereka akan menjauh.
  • Semprotkan campuran dua sendok makan saus pedas dan air pada dinding atau area yang sering terlihat cicak. Ini adalah pendekatan yang efektif untuk membasmi kadal.
  • Penolak cicak pabrikan juga dapat digunakan untuk mengusir kadal. Alat pengusir kadal elektronik dapat menyemprotkan pestisida dan insektisida tanpa menyebabkan iritasi pada tangan Anda.
  • Berbagai gel anti-cicak tersedia yang memabukkan mereka, memaksa mereka meninggalkan tempat tersebut. Oleh karena itu, letakkan di beberapa bagian dapur dan rumah yang sering terlihat cicak.

Kesimpulan

Selain mengambil tindakan drastis untuk mengusir cicak dari rumah Anda, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghindari serangan cicak. Menyegel pipa yang bocor, menutup jendela dan pintu, mematikan lampu saat tidak berada di dalam ruangan, dan rutin membersihkan rumah merupakan cara yang baik untuk mengusir cicak dari dalam rumah.

Anda bahkan dapat menyewa perusahaan pengendalian hama untuk datang ke rumah Anda dan membasmi cicak dan hama lainnya. Hubungi PT Vadel Ksatria Samudera Indonesia di Metro Permata 1, Blok A.1 No.17 Kota Tangerang Banten atau telepon 021 22272888 dan e-mail: cs@vadel.co.id. ***