BANTEN, IDNtribune – Pada gelaran Musda DPD ASPPHAMI Banten yang diselenggarakan pada tanggal 10 Januari 2024 di Hotel Santika Premiere Bintaro, Tangerang Selatan, dilaksanakan juga sosialisasi mengenai Asian Pest Management Association (APMA) yang disampaikan oleh Ir. Drajat Nugraha sebagai Ketua Bidang Luar Negeri dan Kerjasama Internasional DPP ASPPHAMI, yang juga merupakan salah satu Executive Committee Member APMA.

APMA dibentuk dan didirikan di Singapura pada tanggal 31 Juli 2023, oleh empat nasional asosiasi pengendalian hama, yaitu Asosiasi Perusahaan Pengendalian Hama Indonesia (ASPPHAMI) Indonesia, Pest Management Professionals Welfare Association of Mumbai (PMPWAM) India, Pest Control Association of the Philippines (PCAP) Filipina dan Thailand Pest Management Association (TPMA) Thailand.

Ada empat katagori jenis keanggotaan asosiasi, yaitu:

  • Country Member : Keanggotaan khusus untuk nasional asosiasi pengendalian hama di masing-masing negara. Contoh ASPPHAMI.
  • Associate Member : Keanggotaan khusus untuk perusahaan pengendalian hama yang asosiasi nasionalnya sudah menjadi anggota APMA.
  • Affiliate Member : Keanggotaan khusus untuk perusahaan pengendalian hama yang asosiasi nasionalnya belum menjadi anggota APMA.
  • Allied Member : Keanggotaan khusus untuk para supplier perusahaan pengendalian hama.

Kehadiran asosiasi ini cukup menarik minat dari berbagai perusahaan pengendalian hama di berbagai negara untuk menjadi anggota APMA. Selain itu para supplier juga tertarik untuk menjadi anggota APMA.
Saat ini ratusan perusahaan pengendalian hama dari berbagai negara, baik negara pendiri APMA maupun bukan pendiri, sudah mendaftar sebagai Associate Member APMA. Demikian juga beberapa perusahaan sudah mendaftar sebagai Affiliate Member APMA dan Allied Member APMA.

Beberapa manfaat yang didapat dengan menjadi anggota APMA adalah sebagai berikut :

  • Penggunaan logo APMA tanpa batas untuk keperluan branding.
  • Penggunaan sumber daya website APMA tanpa batas.
    Diskon khusus untuk konferensi APMA.
  • Iuran tahunan anggota yang rendah
  • Iuran tahunan nasional asosiasi sebagai Country Member APMA sebesar S$200. Sedangkan iuran tahunan untuk Associate Member S$25, iuran tahunan untuk Affiliate Member S$50, dan iuran tahunan untuk Allied Member S$500.

Pada tanggal 10 -11 Juli 2024 APMA akan melaksanakan konferensi yang pertama di The Emerald Hotel Bangkok Thailand, dengan tema Asian Pest Management Forum 2024, Pest Management in Asia – Future Outlook.

Pada konferensi ini akan diisi oleh para pembicara yang kompeten dibidangnya masing-masing, baik dari perguruan tinggi maupun dari lembaga penelitian. Topik-topik yang akan ditampilkan adalah mengenai Future outlook of Pest Management, Business Outlook & Innovation, Termite and General Pest Control Sessions, Vector Control Station around Asia, New Trends in Urban Pest Management, dan lain-lain.
Sebagai anggota APMA, maka setiap peserta akan mendapatkan harga khusus, yaitu biaya US$300 sudah termasuk biaya registrasi, gala dinner, dan akomodasi hotel selama 2 malam (twin share) termasuk sarapan. Biaya ini jauh lebih murah dibanding biaya registrasi konferensi sejenis di berbagai event internasional lain, yang biasanya USD$500 hanya untuk biaya registrasi saja.

Oleh karena itu ASSPHAMI mengajak kepada seluruh anggota DPD untuk menghadiri konferensi APMA tersebut untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan wawasan dalam bidang pengendalian hama, mengetahui penelitian-penelitian terbaru yang up to date, dan mengetahui inovasi-inovasi baru yang berhubungan dengan bidang pengendalian hama.